Delphi for delphier

Tutorial Pemula

Tingkatan Pemula Delphi
   
Oleh
eko-indriyawan-png.png   Nama Eko Indriyawan
Domisili Surabaya – Darmo Satelit
Delphi Delphi 2007 for Win32
YM eko_elits
Email eko_elits@yahoo.com
Telp 031 – 605 384 36
   
Tujuan
Mengarahkan kepada Delphier pemula agar bisa belajar dengan urut. Dengan bisa belajar secara terarah, maka secara tidak langsung akan membantu mempercepat para delphier pemula bisa belajar bahasa pemrograman delphi dengan cepat.
   
Overview

Ini merupakan halaman utama untuk kumpulan materi bahasa pemrograman atau tutorial bagi delphier yang masih berada pada tingkat pemula. Karena ini masih dalam taraf pemula, maka tentu saja materi yang diberikan semuanya masih untuk level pemula atau dasar.

Apa yang membuat para pemula yakin akan memperdalam delphi lebih jauh lagi ?

Pertanyaan ini akan saya jawab dengan beberapa jawaban, sudah barang tentu jawaban yang akan saya berikan ini adalah jawaban apa adanya. Apa yang membuat para delphier pemula yakin akan memperdalam bahasa pemrograman delphi hingga tingkat lanjut atau menjadikan bahasa pemrograman ini menjadi bahasa pemrograman untuk pegangan hidupnya ? mari kita simak jawaban pertanyaan tersebut oleh Eko Indriyawan.

Secara jujur saya ingin memberikan sedikit sejarah perjalanan hidup saya dari awal kenal bahasa pemrograman delphi hingga saat ini. Waktu itu tahun 2002 saya lulus dari sebuah SMU favourite di kota solo yaitu SMU N 1 Surakarta. Ketika itu saya mendaftarkan diri ikut ujian SPMB dan memilih pilihan pertama adalah Jurusan Teknik Elektro ITS. Berdasarkan kunci jawaban dari Primagama dan salah satu media surat kabar keesokan harinya, saya cocokkan jawaban saya dan ternyata didapatkan nilai prediksi untuk PG saya mencapai nilai 72%. Dalam hati saya saat itu yakin bakalan diterima dan tidak merasa was-was dan ternyata setelah sekian minggu menunggu jawaban di surat kabar, tercantum disitu salah satu nama kebanggaan orang tua saya muncul dan pilihan pertamanyalah yang diterima.

Akhirnya saya berangkat ke surabaya dan kuliah di Jurusan Teknik Elektro ITS. Saya waktu itu benar-benar awam sekali tentang dunia pemrograman dan tidak tahu apa itu Turbo C, C++, Delphi, VB dan lain-lain. Dulu waktu SMA pernah dikursuskan sama orang tua tapi itu sebatas Microsoft Office. Ketika semester pertama atau kedua saya agak lupa, pada waktu itu diberikan mata kuliah bahasa pemrograman dan yang digunakan adalah bahasa pemrograman Turbo C2. Setelah kurang lebih semester 3 atau 4, waktu itu bahasa pemrograman VB lagi ramai-ramainya dikampusku dan disitu ada salah satu seniorku bilang lewat temenku katanya Delphi lebih bagus dari VB dalam grafis dan apa saya lupa. Dari situ akhirnya saya memutuskan untuk mempelajari bahasa pemrograman Delphi meskipun tidak seramai VB.

Saya belajar bahasa pemrograman Delphi ini memiliki sejarah yang pahit, maklum orang desa kemudian datang ke kota tidak tahu cara menginstall sistem operasi dan beberapa aplikasi lain. Waktu itu saya hanya bisa install Turbo C2 aja, untuk bahasa pemrograman dan software lain saya belum bisa lakukan karena takut merusak komputer tetangga kamar kos ( masih pinjem komputer, soalnya belum mampu beli komputer sendiri, ke kampus aja masih jalan kaki dan nasib paling buruk waktu itu beli sepeda pancal dicuri orang, sungguh sial nasibku waktu itu… ).

Waktu itu saya mencoba install VB, tapi nggak tahu caranya, akhirnya minta tolong sama senior dikontrakan untuk install-in VB. Untuk jasa install sebuah aplikasi VB aja harus bayar mahal, aku harus melakukan perintah yang disuruh oleh senior itu, mungkin kalau saya sebutkan perintah sang senior rasanya kurang etis untuk dibaca, tapi tak apalah yang penting waktu itu sudah bisa install VB. Melihat desain VB, meskipun belum ada perbandingan dengan bahasa pemrograman lain rasanya tidak puas dan tidak nyaman, kemudian aku coba install delphi sekalian benar nggak sih kata seniorku dulu kalau Delphi grafisnya lebih bagus. Akhirnya aku install delphi dan ternyata waktu itu aku benar-benar mendapatkan kenyamanan dalam bermain kode program dan desain, tidak seperti di Turbo C2, buat tombol saja dah berapa listing kode program harus dibuat.

Saat itu akhirnya aku mulai seolah-olah duniaku disini dan saat itu pula hatiku rasanya yakin bahwa inilah masa depanku, inilah jiwaku. Dengan rasa percaya diri yang tinggi akhirnya aku berani taruhan untuk meninggalkan dunia kampus dan lebih memilih delphi sebagai masa depanku. Tentu saja waktu itu rasanya masih 50 : 50, artinya kalau aku gagal menggeluti dunia bahasa pemrograman delphi, maka masa depanku sudah hancur dan harus mulai dari nol lagi. Alhamdulllah berkat keuletan dan kesabaran, hal yang saya takutkan itu tidak terjadi dan bahkan dalam kondisi sebaliknya. Dimana bahasa pemrograman delphi bisa menghantarkan aku bisa masuk banyak instansi, BUMN dan perusahaan berskala besar. Bahkan sempet ditawari menjadi karyawan tetap tanpa ada tes sama sekali, namun tawaran itu tidak sedikitpun menggoyahkan prinsipku untuk setia memperdalam delphi.

Sempet ditengah perjalanan diremehkan oleh temen-temen kampusku, bahka juga seniorku yang sok jago tapi aku pikir masih jago kandang aja. Buat para senior-senior, mohon jangan sombong dan sok pinter, bisa jadi anda saat itu lebih pintar, tapi bisa jadi kemudian anda itu jadi pecundang yang tak bernilai dihadapan orang yang telah engkau remehkan. Pada intinya dengan memperdalam bahasa pemrograman delphi, tidak ada kata rugi atau menyesal. Tentu saja semua itu harus didukung dengan semangat dan jiwa yang kokoh untuk selalu bisa survive.

Semoga cerita diatas bisa memberikan motivasi kepada para calon programmer. Untuk melengkapi jawaban pertanyaan diatas, maka saya tambahkan parameter alasan apa yang membuat para pemula yakin akan memperdalam bahasa pemrograman delphi. Lebih lengkapnya, simaklah alasan-alasan berikut ini.

  • Delphi selalu dikembangkan, ini merupakan alasan utama kenapa kita harus memperdalam delphi. Bahasa pemrograman delphi adalah salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan Borland dalam hal ini adalah codegear. Codegear selalu memberikan inovasi dari tahun ke tahun bahkan sekarang perkembangan delphi mulai pesat. Pernah suatu ketika waktu itu dapat informasi dari salah satu mahasiswa IT yang nggak tahu dapat wangsit dari mana kalau delphi diramalkan bakalan mati. Namun, saya tidak menanggapi berita itu terlalu kenceng meskipun berita itu saya denger langsung dari kuping saya. Saya anggap waktu itu saya ketemu anak kecil yang masih polos layaknya ditanya seperti ini. “Dik eko… pilih kacang atau permen…?”, si eko menjawab, “Permen….”. Kemudian diajukan lagi pertanyaan kepada anak kecil bernama eko itu seperti ini, “Dik eko… pilih permen atau kacang….”, maka langsung spontan dijawab sama adik itu, “Kacang….”. Kelihatan sekali anak kecil itu belum punya pendirian dan pola pikir kedepan secara transparan dan bijak dan melihat sesuatu dari satu sisi saja.
  • Delphi disupport banyak vendor, perlu kita ketahui dan bukan suatu hal yang munafik bahwasanya kita belajar ilmu untuk mendapatkan penghasilan. Demikian juga berlaku pada saat belajar bahasa pemrograman delphi. Anda sebagai pemula jangan berharap terlalu tinggi ikut mengembangkan bahasa pemrograman delphi. Dengan anda bisa menggunakan delphi secara maksimal itu sudah merupakan hal yang luar biasa. Ingatlah peribahasa, Gajah dipelupuk mata tidak kelihatan, tapi semut diseberang lautan tampak. Banyak sekali orang-orang programmer indonesia yang masuk diforum pada anti menggunakan komponen dan kadang merasa sok pinter dengan menggunakan pengetahuannya untuk membuat sendiri. Perlu diketahui bahwa kita harus bedakan kategori belajar dan berbisnis dalam bekerja. Jikalau anda anti menggunakan komponen untuk tujuan memperkuat pengetahuan anda tentang dasar bahasa pemrograman delphi itu merupakan hal yang sah-sah saja, tapi anda harus pikirkan dari sisi lain juga yaitu sisi bisnis dalam bekerja. Proyek dibuat dan diestimasikan oleh customer dan kita sebagai developer hanya bisa memberikan penawaran, bukan memberikan keputusan. Sehingga dalam mengerjakan proyek harus dilihat sisi kecepatan dan waktu penyelesaian program. Bahasa pemrograman delphi dengan disupport banyak vendor yang menjual komponen-komponen tambahan bisa sangat berperan sekali dalam membantu pengerjaan proyek menjadi semakin lebih cepat dan bisa membuat customer menjadi lebih puas akan hasil yang dia dapatkan. Dengan demikian, anda sebagai pemula janganlah merasa psimis bahwasanya bahasa pemrograman delphi sudah layak untuk dijadikan senjata untuk menghandle sebagian besar bentuk jenis pekerjaan yang ada hubungaannya dengan perangkat lunak.
  • Delphi hadir dengan OOP, artinya bahasa pemrograman delphi sudah memudahkan para programmer untuk membuat program aplikasi menjadi lebih mudah dan seakan-akan programmer dimanjakan untuk bisa memenuhi semua inspirasi yang dimiliki oleh programmer. Jadi dengan adanya fitur ini, maka anda bisa lebih leluasa untuk bisa berkspresi dalam menghasilkan produk perangkat lunak yang atraktif, inovatif dan modern.
  • Adanya blog Delphi for Delphier, he….3x ini adalah salah satu supporter bagi para programmer yang ingin memperdalam delphi lebih dalam. Blog ini hadir ditengah-tengah komunitas IT di Indonesia dalam format lain daripada yang lain. Disini ilmu bener-bener disajikan secara gratis tanpa anda harus register untuk membayar sejumlah uang agar bisa mendapatkan tutorial dan contoh program. Diharapkan dengan adanya blog ini bisa menjadikan tempat untuk one stop service, sehingga para delphier bisa menjadikan ini sebagai perpustakaan dalam mendapatkan inspirasi atau jawaban dari permasalahan yang sudah mentok ketika anda coba-coba.
  • Itu tadi adalah beberapa alasan yang bisa dijadikan parameter untuk memperdalam bahasa pemrograman Delphi.

    Link Daftar Kategori

    Agar anda bisa belajar dengan terarah, maka didalam tingkatan pemula ini akan dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori. Dan untuk lebih detailnya silahkan anda klik disini.

    Penutup

    Semoga dengan adanya pengelompokan untuk tingkat pemula ini bisa menjadikan awal berkembangnya para delphier-delphier muda Indonesia. Kemudian juga dengan keberadaan blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada calon programmer untuk lebih tahu akan pentingnya bahasa pemrograman delphi.
       
      salam,
       
       
     
    Eko Indriyawan
       
    Buku panduan
    Dasar First Step To Be A Programmer
    Menengah Pemrograman Database dengan Delphi dan MS SQL Server
    Menengah Membangun database MLM

    The Rubric Theme. Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: