Delphi for delphier

Februari 23, 2008

Berbagi ilmu dikira bisnis….

Filed under: Umum — ekoindri @ 3:44 pm
Informasi
 
     
.
eko-indriyawan-png.png  
Teman-teman sebangsa dan setanah air, hari ini saya mendapatkan reply posting disalah satu forum dengan pernyataan yang menurut saya tidak wajar dan sangat aneh untuk diterima.

Sekarang saya lagi sedang semangat ingin berbagi ilmu dengan tulus dan penuh semangat, hingga saya mencoba menyebarkan ilmu itu diberbagai macam forum . Untuk melakukan proses distribusi ilmu yang saya tulis didalam blog, tentu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Salah satunya adalah dengan masuk kedalam forum-forum, YM, Milis dan salah satu situs-situs. Hal tersebut sudah saya lakukan semua secara konsisten. Memang ada hal yang lain dari pada yang lain, mungkin orang lain ingin berbagi ilmu memasukkan artikel itu didalam forum atau situs. Saya pun juga lakukan hal saya, cuma memang rata-rata saya kirimkan hanya berupa informasi penjelasan sedikit mengenai materi yang saya bahas dan kalau ingin lebih lengkap, saya berikan url menuju halaman yang dituju.

Tidak semua forum kalau saya tampilkan desain tutorial saya bisa masuk, saya sudah dicoba dibeberapa forum ketika saya posting saya copykan kode html-nya, tapi selalu gagal. Namun ketika saya coba masukkan kedalam suatu situs yang menyediakan blog seperti di http://www.blog.stiki.ac.id baru bisa.

bagi yang bisa saya masukin dengan kode html saya masukin tutorial saya, namun bagi yang tidak bisa ya saya kasih link saja.

Nah, ada salah satu member dalam situs http://www.delphi-id.org mengkritisi dikiranya saya mengiklan dan diusulkan untuk diminta jasa iklan sekian rupiah per karakter ( klik disini ). Dengan alasan karena saya seolah-olah hanya mengiklankan blognya saja. Dia mungkin tidak melihat sisi positifnya yang mana sebenarnya link itu tujuannya untuk berbagi ilmu itu.

Kalau bicara link dan link, sebelum tuh orang mengkritisi, jauh hari sebelumnya saya tidak hanya sekedar pasang link, tapi juga pasang artikel lengkah disitus. Coba lihat di http://www.blog.stiki.ac.id

Apakah dari sini terlihat saya hanya iklan blog aja… katanya dia dah lihat diberbagi macam forum, tapi sudahkah tuh orang lihat situs http://www.blog.stiki.ac.id

Ngomong koq g dipikir….

Yang saya heran… kenapa ya, kita mau berbagi ilmu saja harus membayar…… kenapa ?…… mencerminkan apa ini?

Kalau memang mengiklankan barang atau blog untuk tujuan bisnis sih oke2 aja, lha ini…. ini lho berbagi ilmu… mosok mau berbagi ilmu saja harus membayar, terus gimana kalau kita ingin mendapatkan ilmu? apa didunia ini hanya duit dan duit yang ada di otak kita?

Bahkan meskipun saya seorang penulis, saya pun juga tidak tergila-gila akan royalti, meskipun saya sudah mengeluarkan beberapa judul buku.Pernah juga saya sampaikan kepada penerbit melalui salah satu manager-nya, kalau memang bisa tidak menerima royalti, maka saya akan minta jangan berikan royalti itu sama saya, diterbitkan saja saya sudah matur nuwun sanget…

Tetap saya juga tidak bisa bersikap seperti itu? karena ini adalah prosedur dan nilai yang harus saya terima?

Saya minta pendapat dari seluruh temen-temen di Indonesia lewat posting ini

menurut temen-temen semua, apakah kita harus mengerluarkan uang untuk per karakter dari setiap ilmu yang kita bagikan? apakah justru tidak kebalikannya…

.
     

36 Komentar »

  1. Yah biarin aj mas..org namanya juga berkomentar….yg penting kita tidak merasa demikian….murni buat bagi2 ilmu

    Komentar oleh Oktavianus — Februari 23, 2008 @ 3:47 pm | Balas

  2. yang sabar Ko😀

    Berbagi ilmu kan ada yang bayar juga, dengan buku, karena Eko dah punya buku, maka di blog ini harus gratis lah😀

    Komentar oleh starboard™ — Februari 23, 2008 @ 3:48 pm | Balas

  3. heheh biasa mas.. gpp lah ga usah ditanggepin

    padahal, yg namanya ilmu kalo dibagi2 kan biar bikin pinter orang laen yg emanfaatkan to?

    plus, nambah ilmu kita jg😉

    sukses slalu mas eko🙂

    tetep smangat yah

    Komentar oleh yaufani adam — Februari 23, 2008 @ 3:53 pm | Balas

  4. Sante ja Ko…
    Orang sirik untuk tanda tak mampu, keep your courage and style bro…..

    Komentar oleh faisal — Februari 23, 2008 @ 4:15 pm | Balas

  5. hahahaha, maklum aja mas. Orang kan ada yang ngomongnya asal ngablak dan dia ga tau maksud omongannya apa. hehehehe

    kalo berbagi ilmu di forum, milis, blog ataupun YM, jelas ga perlu keluar uang.. Yaa paling uang digunain utk biaya listrik dan internet masing-masing,😀

    slow aja mas, yang mas eko lakukan tuh ga salah kok. terus berbagi ilmu sebanyak mungkin, selagi bisa. hehehe, keep fight.

    Komentar oleh dimaz — Februari 23, 2008 @ 4:25 pm | Balas

  6. dak usah di respek mas…
    yang sabar…coz semakin tinggi suatu pohon maka anginnya akan semakin kencang..
    mungkin dia cuma iri ndak bisa buat artikel kayak yang mas eko buat..:D
    dan pesen saya jangan hanya karna tulisan kayak gituan mas eko males yang mo mempublikasikan ilmunya lagi..OK
    semangat mas…:)

    Komentar oleh anak_s0leh — Februari 23, 2008 @ 5:32 pm | Balas

  7. He, he, saya sudah membaca tulisan yang dimaksud. Itu orang iri mas ! . Nggak usah ditanggapi. Semakin ditanggapi, semakin senang dia, merasa eksis. O ternyata aku ada, gitu pikirnya. Pokoknya kalau banyak memberi akan banyak menerima mas. Memberi itu levelnya lebih tinggi dari yang menerima mas. Pokoknya “anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu”.😛

    Komentar oleh wir — Februari 24, 2008 @ 7:37 am | Balas

  8. Salam kenal juga mas.🙂

    Sabar Mas, yang penting tetep semangat dalam menulis🙂

    mereka yang iri biarin aja, namanya juga iri.
    iri tanda kepengen 😀
    🙂

    Komentar oleh dhanie — Februari 24, 2008 @ 8:02 am | Balas

  9. tapo harus diakui juga kalau memang banyak blog yang memang komersil. mereka menulis blog bukan lagi untuk berbagi ilmu atau berekspresi, tapi berbisnis, cari trafic sebanyak-banyaknya, dan berharap ketiban dollar. iya kan? sekarang ini mas, susah tuh ngebedain mana yang mau berbagi ilmu kaya si mas eko ini, dengan yang menggiring orang ke blognya untuk tujuan-tujuan komersil langsung maupun gak langsung.

    Jadi gak usah diambil hati lah…wajar aja kok orang menganggap kita cari uang, dan wajar juga kalau pun kita memang cari uang dari blog, gak ada yang salah kok, dan gak ada yang perlu membuat kita bete…iya kan?

    Komentar oleh Ary Santosa Yudha — Februari 24, 2008 @ 5:00 pm | Balas

  10. Sabar mas… Kan udah di bahas mental orang-orang kayak gitu…
    yang pasti itu katak dalam tempurung lah mas…..

    Komentar oleh AgusHamzah — Februari 25, 2008 @ 9:47 am | Balas

  11. berbagi ilmu itu kan ada tempatnya, gak bisa seenaknya sendiri main tempel di tempat orang. iya kalo orangnya terima, kalo gak terima, atau dianggap promosi?

    Komentar oleh deteksi — Februari 25, 2008 @ 2:02 pm | Balas

  12. Forum itu adalah tempat penuangan ide ato ilmu yg kita miliki untuk dibagi-bagi termasuk ajang promosi jg. Tapi Knapa ada yg sewot. Internet kan bebas. Terserah kita mo ngapain di sana. Lha wong kalo menguntungkan apa salahnya, ya kan?
    Selama tidak merugikan orang lain Why not!

    Ok, Sukses sama ide-idenya mas.

    Komentar oleh denny — Februari 25, 2008 @ 6:57 pm | Balas

  13. huuumm aneh juga yaa ada yang nggak terima gitu..

    tenang aja mas eko!! kalo bahasa hukum bilang niy *sa’elaah gaya banget*
    Gugatannya Obscur Libel atau gugatan ternyata tidak jelas/kabur.
    faktanya.. di blog mas ini kan nggak ada iklan apapun, pasang badge yang warna2i aja nggak ada, google ads juga nggak.. jadi kenapa sampai dibilang pasang iklan? toh nge-blog bukan untuk meningkatkan traffic agar pundi2 $$$ bertambah..

    keep calm & keep blogging & keep share!! good job
    ( ^__^”)

    Komentar oleh binchoutan — Februari 25, 2008 @ 11:48 pm | Balas

  14. Saia mendukung bung ekoindri, saia saludh terhadap tulisan & project apllication anda. Walaufun saia… maklum, blom fandai delphi.

    Komentar oleh rizkivmaster — Februari 26, 2008 @ 4:56 pm | Balas

  15. Salut..buat buat Bung Eko..jarang2 lho orang yang tulus.. kayak bung Eko.Maju terus Bung Eko.Kalo blog saya mah gpp dibilang promosi.. 🙂

    Komentar oleh Farid — Maret 2, 2008 @ 8:47 am | Balas

  16. Salam kenal…. apa jangan2 yang nulis komen itu agen iklan yah😀
    Kalo menurut saya kasih link2 gitu malah lebih nyaman belajarnya, bacanya, langsung dari sumbernya…

    Orang bagi2 ilmu kok susah…tanya kenapa..????

    Komentar oleh bertoez — Maret 3, 2008 @ 7:20 am | Balas

  17. ya, kadang emank ada orang kayak gitu ya mas eko, tapi klo tujuan mas eko emank baik, ga usah peduli dengan kata mereka, mungkin itu emank koment dari orang yg pernah debat dgn mas eko, tapi khan klo debat itu emank ditujukan tuk nyari the best solution harusnya ga perlu dendam secara pribadi khan? so terus maju ajah lah mas eko !!!……..

    Komentar oleh Kecret — Maret 3, 2008 @ 11:06 am | Balas

  18. ini komentar paling wise yg aku sangat setuju buangetsszz….
    sayang halaman ini belum ada isinya…. isi dong,boss…
    or lagi repot kali ya??
    kanm dah mo married?

    Komentar oleh yayax — Maret 3, 2008 @ 2:43 pm | Balas

  19. Nyari ilmu ga perlu duit, tapiperlu temen :D….

    Komentar oleh Danz — Maret 4, 2008 @ 2:26 am | Balas

  20. Yang penting gue tetep support mas,…

    Komentar oleh budiridwin — Maret 4, 2008 @ 2:47 am | Balas

  21. Sy Slalu dukung mas eko, Ilmu mang harus dibagi2 kalo ga gtu ilmu qta ga da manfaatnya, semakin banyak ilmu yang dishare semakin tinggi ilmu yang didapat dari pada tidak dibagikan…

    Komentar oleh kelix — Maret 4, 2008 @ 4:49 pm | Balas

  22. Yang namanya berbagi ilmu, biarin aja mas orang bilang apa…
    artikel yang ada di blog saya juga pengalaman tentang cara / langkah yang bisa saya ketahui setelah sekian lama nyari dan tanya sini sono….

    hajar terus…biarin apa kata orang…. (piece man).🙂

    Saya dukung sharing ilmu….

    “lupus”
    http://www.lupus.co.nr

    Komentar oleh lupuzmillenia — Maret 4, 2008 @ 5:27 pm | Balas

  23. Siapapun yang berbagi ilmu ibarat orang yang memudahkan urusan orang lain. dan jika kita memudahkan urusan orang lain maka Allah SWT akan memudahkan urusan kita. hal ini sudah saya buktikan sendiri. yaitu saya bisa menjadi programmer karena awalnya banyak orang nanya program sama saya. mas eko tenang aja saya selalu support kok. apapun kata orang biarin aja. BRAVO mas eko

    Komentar oleh chaedar — April 11, 2008 @ 10:46 am | Balas

  24. lah biarkan saja…mau di bilang iklan ato apa yaaa biarkan saya….
    yang penting semua ilmu dapat di sebar luaskan….
    semangat terus untuk berusaha memberikan yang terbaik buat semua nya…

    Komentar oleh ricky — April 17, 2008 @ 2:45 pm | Balas

  25. to mas eko,
    isi dunia tuh selalu ada berpasang-pasang mas,
    ada baek-buruk, susah-senang, ada yang iri ada yang lapang hati.
    kalo namanya orang udah ndak suka, mas eko ibadah aja pasti juga dibilang cari muka
    jadi ga sah buang2 energi untuk orang yang tidak ‘suka’ melihat orang lain lebiih sukses
    tetep berjuang, tetep berbagi, smg ilmunya bisa jadi ibadah ya mas !

    * buat yang ‘kritik’ mas eko ini : kalo memang anda sedang khilaf, cepat minta maaf, manusiawi bos! itu juga kalo anda ‘gentle’, berani berbuat salah, legawa untuk meminta maaf! mari gunakan forum untuk membangun bersama. terima kasih.

    Komentar oleh mr_osis — April 24, 2008 @ 9:17 pm | Balas

  26. aku mo pasang iklan or link disini ach……………disuruh mbayar juga gpp……

    http://mylink.com

    Komentar oleh mas_kofa — Mei 3, 2008 @ 11:55 am | Balas

  27. Menurut saya kalo mau menyebarkan ilmu diforum lebih baik bersama artikelnya di copy disana ato dipaparkan disana, kalo simpen backlink kayanya itu memang sudah menjurus ke iklan, dan biasanya forum dah nyediain tempat iklan, tergantung forum masing2 untuk menerima backlink(iklan) membernya ato nggak ^_^. Mungkin Moderator forum punya tindakan profesional sendiri karena kalo ga diatur forumnya bisa jadi tempat persimpangan backlink semua donk ^_^. but thanks dah membagi ilmunya ….

    Komentar oleh zymanq — Mei 7, 2008 @ 1:20 pm | Balas

  28. biarin orang mau ngomong apa…yang penting tetep berbagi ilmu selalu !!

    Komentar oleh wong_error — Mei 17, 2008 @ 4:01 pm | Balas

  29. tetap teguh dalam pendirian

    Komentar oleh ujang — Mei 30, 2008 @ 3:15 pm | Balas

  30. mas eko gak usah dipikirin, dia iri ama mas, coz mas itu pinter, hehehe… aq seneng ngliat orang ato teman yg bisa diajak saling berbagi ilmu tanpa bayaran!!! mas ada YM, kirim y ke emailqu, maw nanya ttng koding delphi….thx

    Komentar oleh koming — Juni 16, 2008 @ 11:20 am | Balas

  31. @mas_kofa: hi hi hi… ada aja😀

    Komentar oleh Indra Gunawan — Juli 17, 2008 @ 3:59 pm | Balas

  32. sabar mas, sabar…

    Komentar oleh si bolang — Juli 23, 2008 @ 4:36 pm | Balas

  33. Ya bayar aja, Mas. Rp. 10/karakter ya. Kasihan adminnya, mas. Mungkin butuh tambahan buat rokok :p

    Becanda😀

    Komentar oleh Ilham Rizqi Sasmita — Juli 25, 2008 @ 6:37 pm | Balas

  34. ehmmm… malah baru baca aku postingan yg ngelink ke delphi id. xixixxiiiii… bersabar lah bro… ilmu itu pasti banyak jalan untuk disebarluaskan.. yang penting sekarang kreatifitas anda untuk berbagi..😀

    Komentar oleh ridwan — Agustus 13, 2008 @ 4:53 pm | Balas

  35. Menyambung @ridwan:
    Dan tentu saja jangan melupakan penghormatan atas ilmu yang telah didapatkan, yang bentuknya dapat bermacam rupa, misalnya :
    – menyebarkan kembali ilmu yang didapat (jangan bisanya cuma “minta”, tapi gak mau “memberi”, atau “melupakan” yang memberi)
    – memanfaatkan ilmu tersebut untuk kemaslahatan umum
    – hargai dan taati copyleft, copyright dan royalti (royalti bisa berupa materi dan non-materi, tapi royalti yang paling nikmat menurut saya adalah “pahala”)
    – dan sebagainya

    @EkoIndri:
    sing sabar, terus berkarya dan memajukan bangsa dengan kemampuan yang kita miliki. Memang selalu timbul pro-kontra dalam menyikapi apa yang telah dilakukan oleh seseorang, walaupun apa yang disikapi tersebut bertujuan baik.

    Komentar oleh bprasetio — Agustus 26, 2008 @ 12:12 pm | Balas

  36. cuekin aja lah mass,
    bilangin aja ke adminnya “napa ngk pake dolar sekalian’😀

    Komentar oleh cruizzocker — Agustus 28, 2008 @ 3:19 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

