Delphi for delphier

Maret 3, 2008

Compare Delphi 2007 terhadap RAD Studio 2007

Filed under: Umum — ekoindri @ 1:04 pm
Compare Delphi 2007 terhadap RAD Studio 2007
 
     
.
eko-indriyawan-png.png  
Kali ini saya akan memberikan sedikit review tentang perbandingan daripada Delphi 2007 dan RAD Studio 2007, tentu saja disini bukan bicara karena fitur yang ada melainkan lebih saya condongkan dari sisi tepat gunanya sesuai dengan kebutuhan developer.

Apabila ada salah mengenai review yang saya berikan itu adalah hal yang wajar, karena saya hanya menganalisa dari sisi penggunaannya bukan dari sisi pembuatan Delphi 2007 ataupun RAD Studio 2007 dan itu jelas bukan wewenang saya. Semoga review ini bisa memberikan gambaran kepada anda untuk memilih Delphi 2007 atau RAD Studio 2007 untuk memenuhi kebutuhan pengembangan software anda.
.
     
     
 
Sudah sangat jelas bahwasanya RAD Studio 2007 memiliki fitur yang jauh lebih banyak daripada Delphi 2007 dilihat dari sisi versi yang sama. Kebetulan untuk produk-produk tersebut memiliki 3 versi yang sama yaitu Profesional, Enterprise dan Architect. Mungkin dari pihak codegear, devisi Borland yang khusus menangani Developer, sendiri membuat versi tersebut agar semua pasar bisa mereka cover.

Codegear sebenarnya juga telah meluncurkan versi free dan bukan trial yaitu Turbo Delphi yang ada dua kategori yaitu Turbo Delphi for win32 dan Turbo Delphi untuk .NET. Kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang produk Turbo Delphi ini.

Secara kasat mata sangat jelas kalau Delphi 2007 itu merupakan bagian paket dari RAD Studio 2007. RAD Studio 2007 berisi Delphi 2007 for win32, Delphi 2007 for .NET dan C++ Builder. Bahkan baru-baru ini Codegear lagi-lagi memberikan promo dengan membeli produk RAD Studio 2007 mendapatkan bonus Delphi for PHPsecara gratis hingga 15 Maret 1008.

Secara kebutuhan dari rata-rata developer delphi di Indonesia biasanya adalah developer yang berhubungan dengan Desktop Application dan saya jarang sekali menjumpai sebuah aplikasi WEB dibangun dengan menggunakan Delphi. Saya nggak tahu apakah memang analisa saya ini benar atau bukan, bahwa rata-rata web dibangun dengan melihat url-nya masih didominasi dengan php, visual studio dan lain-lain.

Sehingga dengan demikian, maka developer sangatlah cocok untuk memilih produk Delphi 2007 for win32, hal ini dikarenakan karena Delphi 2007 for .NET dan C++ Builder tidak akan terpakai dan malah terkesan memperlambat program aplikasi saat develop. Seandainya codegear menjual versi khusus Delphi for .NET, mungkin hal ini juga bisa menambah pasar developer. Tapi sayang… kelihatannya itu tidak mungkin, karena andalan untuk codegear adalah RAD Studio untuk kategori .NET-nya dan memang RAD Studio itu adalah versi .NET-nya. Seperti halnya Microsoft Visual Studio dan produk Desktop-nya dengan Visual Basic.

Sekarang saya akan mereview khusus produk Delphi 2007 ditinjau dari sisi fitur dan kemampuannya saat proses develop. Kedua versi ini sama-sama memiliki kelebihan dengan memiliki performance yang sangat tinggi di OS 32-bit. Keduanya juga sama-sama sudah support terhadap sistem operasi windows Vista. Berbeda dengan versi Delphi 7 yang bisa diinstall di vista namun mengalami banyak konflik dan mengakibatkan program delphi-nya sendiri menjadi tidak stabil.

Kemudian di Produk Delphi 2007 ini juga sudah disupport dengan fitur AJAX, dimana kita sebagai developer bisa membuat program aplikasi desktop yang jalan di Webbrowser dengan hanya drag and drop saja. Sungguh ini menjadi terobosan luar biasa di kalangan developer delphi, terutama di Indonesia. Tapi sayangnya bagi pengguna versi profesional hanya dapat menikmati untuk fitur develop untuk web page saja, sedangkan untuk versi enterprise selain bisa digunakan untuk develop web page dengan ajax juga dilengkapi RAD untuk aplikasi web secara lengkap.

Perbedaan antara versi Enterprise dan Profesional terletak pada bagian koneksi databasenya. Jika di versi Enterprise dapat melayani banyak sekali koneksi database seperti dbExpress server ke Interbase 2007, dbExpress server ke Oracle 10g, dbExpress server ke MS SQL Server 2000 dan MS SQL Server 2005, dbExpress server ke Informix 9x, dbExpress server IBM DB2 8.x, dbExpress server ke SQL Anywhere 9, dbExpress server ke Sybase 12.5 serta dbExpress server ke MySQL 4.1 dan 5.0. Itu semua tidak berlaku pada versi profesional, namun kalau hanya untuk kebutuhan database biasa seperti MS SQL Server, MySQL anda bisa menggunakan ADO dan komponen tambahan yang dijual dipasaran.

Jika dibandingkan lagi dengan RAD Studio 2007 dan Delphi 2007 secara fitur tidaklah sebanding. Tapi untuk kebutuhan pengembagnan aplikasi dekstop saya sarankan untuk menggunakan Delphi 2007 for win 32 yang versi Enterprise. Dan untuk jangka panjang demi menghadapi banyak proyek dan job yang bermacam-macam, saya menyarankan untuk membeli produk RAD Studio 2007, tentu saja yang versi Enterprise juga jika memang untuk skala proyek besar. Tapi kalau memang developer yang bersangkutan hanya memiliki budget yang terbatas dan ingin bisa membuat aplikasi web anda bisa mengkombinasikan antara Delphi 2007 dengan Turbo Delphi for .NET.

Semoga review ini bisa memberikan gambaran kepada para pengembang sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk Delphi.
 
     

4 Komentar »

  1. wah review nya boleh juga tuh, jd cukup jelas perbedaanya. antara RAD Studio 2007 dan Delphi 2007.
    thx.

    Komentar oleh m02x — Maret 4, 2008 @ 1:53 am | Balas

  2. Semoga bermanfaat mas..

    Buat temen-temen delphier yang sudah mampu beli license, silahkan segera beli karena masa promo sebentar lagi akan habis.

    Komentar oleh ekoindri — Maret 4, 2008 @ 10:13 am | Balas

  3. This post is very hoting, and this blog is high ranked in
    the top blogs report
    . You can
    earn some money with a good blog
    like this.

    Komentar oleh phuongnana — Maret 4, 2008 @ 12:29 pm | Balas

  4. he…..3x

    menarik juga tuh usulannya

    Komentar oleh ekoindri — Maret 4, 2008 @ 1:31 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: