Delphi for delphier

Tips Report Builder tidak bisa tertutup di Vista

Tidak bisa menggunakan Report Builder di Vista
.

eko-indriyawan-png.png

Ingin mempelajari Datatabase Registry, Aplikasi Service, Thread, File ini dalam implementasi program Delphi, silahkan anda temukan semuanya dibuku ini.

eko-indriyawan-png.png

Bagi anda yang mungkin baru pertama kali menggunakan Delphi 2007, Delphi 2009 atau versi delphi yang lain yang jalan di Sistem Operasi Windows Vista jangan merasa kaget jika anda membuat program aplikasi didalamnya ada komponen Report Builder dan menjalan Report Designer kemudian menutupnya tidak bisa tertutup.
Bagi yang nggak tahu penyebabnya mungkin hal ini akan menjadi pertanyaan besar buat anda, namun kalau dah tahu solusinya maka hal ini merupakan masalah kecil yang solusinya pun kadang tidak terpikirkan oleh kita yang masih awam menggunakan Vista.
Didalam sistem operasi windows vista, untuk melakukan suatu proses yang agak dan yang berhubungan dengan sistem, maka akan selalu dimintai konfirmasi untuk menunjukkan bahwa anda benar akan melakukan proses itu dengan yakin dan benar.
Report Designer tadi tidak bisa tertutup karena dia akan mencoba menulis kedalam disk didaerah terlarang windows. Sehingga untuk melakukan ini kalau dengan menggunakan otorisasi biasa tidak bisa dan butuh otorisasi administrator baru bisa mendapatkan ijin untuk menulis kedalam disk. Dengan kata lain error ini disebabkan karena tidak mendapatkan ijin dari empunya dalam hal ini ada vista.
Solusi untuk menghadapi permasalahan ini adalah anda harus setting Delphi anda menjadi otorisasi administrator ketika dijalankan.
Untuk mensetting ini, anda tidak usah khawatir karena sangat mudah dan cukup ikuti petunjuk ini
1. Bukan Shortcut Delphi atau Program Delphi anda.

2. Klik kanan hingga muncul PopUp dan pilih item Properties

3. Tekan tombol Advanced…

4. Beri tanda check pada bagian Run as administrator

5. Tekan tombol OK. Lakukan penekanan tombol OK hingga semua windows tertutup.
6. Sekarang silahkan anda jalan program Delphinya

7. Coba anda buat project baru yang menyertakan komponen Report Builder hingga menampilkan Report Designernya
8. Silahkan anda tutup, apabila berhasil, maka Report Designer akan tertutup.
Semoga Tips ini bermanfaat buat anda dan bisa menambah wawasan bagi yang belum tahu.
.
Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: