Delphi for delphier

Uneg – uneg

Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka.
Alexander Graham Bell

eko-indriyawan-png.pngPutus asa, menyesal adalah salah saya suasana hati yang mungkin tidak pernah bisa lepas dari kehidupan manusia.

Saya ini pun juga seorang manusia biasa yang tidak bisa lepas dari kondisi itu. Sekarang Permasalahannya adalah apakah kita harus melakukan proses penyesalan secara terus menerus tanpa ada tindakan untuk keluar dari belenggu yang menyakitkan itu?

Kalau menurut saya pribadi adalah ketika kita sedang menyesal atas apa-apa yang pernah kita lakukan, baik salah mengambil keputusan bisnis ataupun keputusan lain yang hasilnya tidak seperti yang kita harapkan, maka yang harus kita lakukan adalah tatap masa depan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Dunia adalah komedi bagi mereka yang melakukannya, atau tragedi bagi mereka yang merasakannya.
Horace Walpole

Waktu itu adalah waktu dimana aku sudah benar-benar di titik nol km. Kondisi yang begitu pahit untuk dialami, perih dirasakan serta takut untuk membayangkan masa depan. Waktu itu rasanya aku tidak memiliki apa-apa lagi, kecuali sepeda motor butut grand astrea impressa yang mengantarkan aku kemana-mana dengan diiringi ketakutan kehabisan bensin, maklumlah… buat makan aja waktu itu rasanya sudah susah sekali.

Jika pada minggu-minggu sebelumnya aku masih dapat kucuran dana cair dari orang tua, detik itu juga aku sudah diembargo tidak boleh ada lagi pengiriman uang lagi kedompetku yang waktu itu juga sudah rusak karena jatuh dari kecelakaan.

Ketika dapat kabar itu, rasanya jantungku seolah-olah berhenti sejenak dan tak berdetak. Ditambah dengan kondisi temen-temen sebayaku merasa lancar dalam berbisnis rasa iripun muncul tanpa bisa ditahan. Hingga waktu itu terlintas untuk jalan pintas agar bisa cepat kaya. Karena aku melihat temenku itu sukses di dunia MLM, maka tanpa berpikir panjang dan jernih, aku mencoba carai MLM baru agar dapat menjadi orang pertama. Namun karena aku tidak ada bakat dalam dunia banyak omong kosong, akhirnya gagal juga dan aku semakin takut untuk melihat masa depanku nanti.

Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka.
Alexander Graham Bell

XXXXXXXXXXXXXXBelajar bahasa pemrograman delphi adalah merupakan kesan yang tidak bisa terlupakan. Banyak cerita yang aku alami bersama Delphi, meskipun aku hanya bersama dengan Delphi 7 dan Delphi 2007 Enterprise for win32, sudah ratusan mungkin lebih pengalaman baik yang menyedihkan hingga yang menyenangkan.

Dari kecil aku ini pengen jadi seorang pilot pesawat tempur ( terinspirasi dari film “Top Gun” ). Tahu nggak kenapa aku pengen jadi pilot, soalnya dari film itu rasanya terlihat gagah sekali dan gimana…. gitu. Namun guru – guru-ku dari SD hingga SMA ternyata punya bayangan lain soal membaca masa depanku. Ada yang bilang dari pengacara hingga jadi ilmuwan.

Lebih detailnya cerita itu seperti ini, ada salah satu guru SD mengatakan, “Ko… kowe yen gedhe mbesok mesti dadi pengacara, soale awakmu iki ngeyel banget, tapi yen dipikir-pikir alasanmu yo masuk akal”. Terus, ada juga yang bilang, “Le..ko… ketok e kowe sokben dadi politikus”, soalnya waktu itu aku orangnya sangat kritis dan pemikiranku waktu itu tajam meskipun masih kecil.

Waktu di SMP banyak guru yang bilang, “Kamu tuh hebat, mental dah tinggi, pinter tinggal kamu atur aja jangan sampai tersesat”. kemudian disambung ke SMA, guru fiska-ku bilang, “Kalo murid semua seperti kamu, guru nggak perlu capek – capek jelasin kepada muridnya”. Langsung cewek – cewek pada ngeliatin…. kekekekkek.

Bahkan ada yang bilang juga aku ini akan jadi ilmuwan, hal ini karena memang aku punya konsep menciptakan sumber energi alternatif yang super dahsyat ( tapi belum terbukti secara nyata ). Cuma sedihnya sampai sekarang belum aku realisasikan karena terkendala masalah investasi untuk penelitian. Sempat mau di bawa ke LIPI namun masih takut karena ada berita – berita yang tidak sedap. Namun usaha tidak cukup sampai disini, aku masih berusaha kumpulin modal untuk membuktikan konsep-ku ini.

Konsep ini agak berbahaya juga secara ilmu fisika, sebab konsep ini melanggar hukum kekekalan energi mekanik. Gimana tidak !!! lha wong dengan ilustrasi memasukkan energi 1000 joule bisa keluar jutaan joule.

Dari konsep ini pula, dosen Elektro ITS selaku dosen wali ku menolak dengan mentah – mentah. Tapi anehnya waktu aku jelasin satu persatu dan tahap demi tahap, beliau tidak membantah sama sekali. Namun…. ketika dilihat hasil perhitungan dia spontan langsung tidak setuju… ( padahal setiap proses yang dilalui dalam perhitungan itu tidak ada melawan hukum dan teori yang ada ). Namun dari 3 dosen itu, dua diantaranya menghargai konsep ini. Makasih buat pak Syariffudin dan buat pak Sidar. Buat pak Heru, makasih juga atas penolakan konsep saya ini, but saya masih penasaran sebelum itu dilakukan penelitian.

Mungkin suatu saat nanti setelah aku punya uang 3 trilyun, baru aku akan buat lab sendiri yang bener – bener mencerminkan lab fisika. Ditempat itu pula aku akan sumbangkan pikiranku untuk membantu krisis energi dunia. Mungkin dari uneg – uneg ini ada salah satu lembaga dunia yang baca dan semoga bisa dapat kesempatan mendapatkan bantuan untuk membantu mengujinya.

Mungkin juga apabila nanti konsepku ini bisa berjalan dengan mulus, maka PLN, Pertamina dan lain – lain akan gulung tikar. Kenapa koq bisa seperti itu? karena dengan alat ini, setiap orang bisa secara mandiri memiliki sumber energi sendiri, jadi untuk penduduk yang jauh dari kota pun, bahkan di tengah hutan sekalipun tidak perlu repot untuk mencari sumber eneri listrik.

Bahkan kalau kita telusuri, kita bisa pergi ke galaksi mana saja tanpa takut kehabisan energi, namun yang jadi permasalahan adalah gimana membuatnya atau mengubahnya menjadi sumber energi makanan? itu yang belum ada dipikiranku sampai sekarang. Tetapi dengan pemikiran itu saja sudah mampu membuat dunia jadi geger. Ups… kog kayak demonstrasi aja

Tapi hal ini kelihatannya koq berlebihan…. emang pemerintah bodoh…. kalau pun ini berhasil, pemerintah pun bisa santai, karena bisa aja pemerintah buat kebijakan, kepada setiap warga negara indonesia yang memiliki rumah harus menggunakan sumber energi listrik dari PLN dan kemudian untuk pemilik kendaraan bermotor harus menggunakan bensin, solar, pertamax dan lain-lain. Sebab yang demikian itu berarti anda adalah merupakan warga negara yang baik yang ikut mendukung kemakmuran bangsa dan negara. Wakakakakak… just intermeso aja… jangan dipikirkan wahai wakil rakyat… peace……

koq dadi ngalor ngidul ngene… wah wah wah… dasar ekodok !!!

Kembali ke Delphi, semenjak aku kenal jauh dengan delphi, aku mendapatkan banyak perubahan dalam diri ini. Baik perubahan yang sifatnya pemikiran maupun kehidupan. Dari delphi pula aku bisa menjadi seorang penulis buku ( soalnya buku yang aku tulis hampir 80% semua berinteraksi dengan Delphi ), meskipun belum setenar penulis lain, yang penting sudah berusaha ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Bantuin promosikan donk. he….3x, makasih sebelumnya, karena anda sudah membantu anak cucu-ku.

Meskipun Delphi tidak bisa berbicara layaknya manusia, namun sifat penurutnya itu loh yang kadang melebihi dari pada sifat penurut manusia pada umumnya. Bayangkan saja ketika aku suruh meng-compile ratusan ribu baris kode program, dia tidak marah dan tidak mengeluh bahkan dia kerjakan dengan sungguh – sungguh Hal ini dapat dibuktikan dari kerja prosesor yang hampir 27 % terus, soalnya pakai quad core QX6850 dengan corsair 4 Gb, jadi total kerja prosesor nggak pernah sampai mendekati 100%.

Delphi juga pernah menyelamatkan hidupku dari keterpurukan, bahkan Delphi pula yang mampu merubah masa depanku jadi lebih terang, namun semua itu tetap Allah lah yang mengatur. Apa-apa yang menjadi kehendak-Nya, tidak ada satupun manusia yang mampu menghalangi. Biarkanlah orang lain punya pegangan dan prinsip sendiri – sendiri, yang penting aku tetap kekeh bersama delphi, meskipun suatu saat nanti aku tidak menyentuhnya secara langsung. But pemikiranku akan delphi tidak akan pernah berhenti selama aku masih ingat. Ya munafik gitu loh kalau 24 jam mikirin delphi terus… terus waktu buat Francisca kapan !!!

Disaat Delphi mulai aku tekan dan paksa, delphi semakin menunjukkan siapa dirinya. Namun ketika semakin aku lepas, maka delphi semakin tertutup. Maksud dari statement diatas adalah, ketika anda belajar delphi dan berusaha untuk memperdalam setiap library yang ada, maka anda akan semakin lebih paham mengenai delphi dan pada ujungnya kalau anda sendiri kreatif, bukan tidak mungkin anda bisa memiliki sebuah ide – ide baru yang cemerlang dan memberikan terobosan pemikiran baru untuk setiap produk yang akan anda hasilkan.

Bersama dengan www.delphi.about.com, aku makin lebih gesit lari kesana kemari, namun demikian bukan berarti bahwa semua terfokus pada situs tersebut. Yang tidak kalah penting juga sering berkunjung ke www.codegear.com untuk mendapatkan informasi terbaru.

Sementara uneg – unegnya ini dulu, nanti lain kali ditambahi atau diedit lagi jika ada bahasa yang salah.

Makasih banyak sudah menyempatkan waktu luang untuk mendengarkan uneg – uneh aku yang ngalor ngidulnggak jelas kemana tujuannya. Meskipun tujuan nggak jelas, yang penting orangnya masih terlihat jelas, he…3x, maksudnya terlihat jelas hitam sekali…. wakakakakak

salam,

Eko indriyawan
Iklan

17 Komentar

  1. hebat gagasannya mas, jitu
    terus pantang mundur, maju
    gagasan kontroversi tidak negative selalu
    ya sih, dianggap menyalahi pakem tentu

    Komentar oleh TH — Februari 3, 2008 @ 6:59 am

  2. ganbatte kudasai!!

    O_O”

    Komentar oleh binchoutan — Februari 6, 2008 @ 7:40 am

  3. gagasan yang menantang..
    patut dikembangkan
    Trus Berkarya jangan patah semangat

    Komentar oleh asalcoret — Februari 9, 2008 @ 2:08 pm

  4. Terimakasih banyak atas supportnya

    Komentar oleh ekoindri — Februari 9, 2008 @ 3:10 pm

  5. wah, salut saya dengan eko_indri. anak muda yang kreatif. tetap semangat dan go…success!!

    Komentar oleh esti_g — Februari 13, 2008 @ 6:09 pm

  6. thanxs mbak atas supportnya

    Komentar oleh ekoindri — Februari 14, 2008 @ 7:19 am

  7. alo mas eko makasih ya atas pelajarannya
    itu sangat membantu aku yang pemula

    Komentar oleh kancillord — Februari 18, 2008 @ 2:39 pm

  8. wah sangar 2 sangar mas…….
    klo kita tekun dan kreatif semua pasti bisa…….
    sayang nih mas aku dlu pemula buat delphi tpi sekarang ga dipke lagi
    dah ga pernah mke delphi lagi……

    kapan nih mas pindah haluan ke java, sql, oracle, unix……
    hehehehe
    soalnya aku megangnya itu sih,,,,,,hehehehe
    nti klo dah melebarkan sayap kesitu aku langsung jadi muridnya yah mas….

    sukses mas
    btw gimana urusannya dgn pak heru

    Komentar oleh Asto — Februari 20, 2008 @ 12:17 pm

  9. Terima kasih Mas Eko atas tutorial dan tip delphinya.Jarang lho orang pinter yang mau bagi2x ilmu.He..he.Semoga sukses dan cita2xnya tercapai.

    Komentar oleh Bambang — Februari 20, 2008 @ 3:54 pm

  10. majuuu terus mas ekooooo ……

    Komentar oleh Andie — Februari 28, 2008 @ 9:17 am

  11. makasih mas andie atas supportnya

    Komentar oleh ekoindri — Februari 28, 2008 @ 9:19 am

  12. mas thanks atas tutorialnya, semua sangat berguna…
    ada sedikit saran mas mungkin lebih dikembangkan ke report mas…
    bikin file setup juga aq pengen tau…
    oh iya tentang indy juga klo ada yg tau…

    Komentar oleh agit — Februari 29, 2008 @ 12:36 am

  13. tanya mas tentang kebalikan dari tutorial mas…
    yaitu export file access ke excel mohon bantuanya mas…

    Komentar oleh agit — Februari 29, 2008 @ 12:38 am

  14. Ayo utek-utek terus jgn bosan…

    Komentar oleh agit — Februari 29, 2008 @ 12:39 am

  15. Yang paling salut adalah saat mas eko mulai menggeluti dunianya.
    wah, kalo saya nggak kebayang mumetnya… 🙂

    http://www.lupus.co.nr

    Komentar oleh lupuzmillenia — Maret 2, 2008 @ 3:39 pm

  16. @agit

    sudah saya jawab pertanyaannya dan sudah berhasil berjalan dengan baik

    @lupusmillenia

    jangan dibuat memut ya mas…
    kalau capek diistirahatkan sejenak aja..

    Komentar oleh ekoindri — Maret 2, 2008 @ 4:53 pm

  17. Wah mas inspirasi banget buat aku
    AYO SEMANGAT teyus mas buat kembangin delphi
    ku akan berusaha kayak mas walau ku masih pemula di DELPHI hehehe

    Komentar oleh karin — Maret 8, 2008 @ 10:41 am


RSS feed for comments on this post.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: